UAN, masih butuh apa nggak sih?

Ujian Akhir Nasional atau yang biasa disingkat UAN adalah polemik yang sampai saat ini masih sering diperdebatkan. Banyak yang menentang adanya UAN, tetapi tak jarng pula yang mendukung keberadaannya. Terlepas dari keputusan Depdiknas yang thun depan (2010) yang tetap mengadakan UAN, kita hendaknya bisa berfikir secara rasional menanggapi apakah UAN masih kita butuhkan?.

Nah, kalau menurut pandangan rasional saya yang namanya UAN masih mutlak kita perlukan. Kenapa begitu ? Alasannya adalah UAN ini adalah satu - satunya kontrol untuk melihat pemerataan pendidikan yang ada di Indonesia yang kita tahu wilayahnya sungguh sangat luas sekali. Kalu semisal UAN tidak ada dan keputusan kelulusan diserahkan kepada sekolah masing - masing saya khawatir akan banyak sekolah yang akan mengelola pembelajarannya dengan apa adanya karena walaupun ada kurikulumnya, tapi kan tidak ada evaluasinya. Nah, dengan adanya UAN ini kalau boleh dibilang kan standart minimal, maka semua sekolah yang ada di Indonesia mau tidak mau haruslah berjuang agar anak - anak didiknya lolos dari standart minimal ini.


Hmm apabila melihat kasus - kasus kecurangan yang ada dalam penyelenggaraan UAN, saya sangatlah prihatin. Mestinya UAN dilaksanakan dengan bersih, tidah ada kecurngan - kecurangan yang terjadi. Bila kecurangan terjadi, maka UAN menjadi hilang fungsi utamanya yakni sebagai kontrol pemerataan pendidikan karaena hasilnya tidaklah merepresentasikan kemampuan dari siswa.

Nah, sebuah catatan dari saya kepada Depdiknas adalah harusnya da follo up dari hasil penyelenggaraan UAN. Saya tidak tahu selama ini Depdiknas melakukan hal ini ataukah tidak. Bila melihat dari hasil UAN, seharusnya Depdiknas melakukan berbagai perbaikan untuk sekolah yang nilai UAN-nya jelek. Seharusnya pula justru sekolahan yang seperti inilah yang mendapatkan banyak bantuan. Nah, dengan adanya bantuan - bantuan ini diharapkan sekolah akan bisa meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran, sehingga yang namanya pemerataan pendidikan yang selama ini digadang - gadang oleh pemerintah akan dapat terwujud,. Semoga............

Apakah Anda salah satu orang yang sependapat dengan saya?

0 Response to "UAN, masih butuh apa nggak sih?"

Posting Komentar