Apakah TEX dan Latex itu?

TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukan menghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. Perangkat lunak ini diciptakan oleh Donald E. Knuth pada bulan Mei 1977 sebagai bahasa pembentuk dokumen (document formatting language)

TEX  didesain untuk memberikan kebebasan pada pemakai di semua level (dari percetakan sampai pemakai umum) untuk mendapatkan hasil cetakan yang bermutu tinggi tanpa dipengaruhi oleh sistem operasi maupun mesin pencetak yang dimiliki. Sistem ini tersedia cuma-cuma dan tersedia untuk sistem operasi Linux maupun Windows. LaTeX adalah salah satu varian dari TeX yang paling populer dan secara luas dipakai. 

Banyak sekali alasan mengapa memakai sistem LaTeX, antara lain :
    • Tersedia cuma-cuma.
    • Tidak tergantung pada sistem operasi dan mesin pencetak untuk mendapatkan hasil cetakan bermutu tinggi.
    • Fleksibilitas dan kemampuan untuk mengakomodasi aneka kebutuhan cetak khususnya untuk tulisan-tulisan ilmiah yang banyak memakai karakter-karakter khusus.
    • Arsip yang berbasis teks sehingga menghemat biaya dan ruang penyimpanan. Hanya bila diperlukan akan dilakukan proses kompilasi untuk mendapatkan hasil akhir (postscript, PDF, dll).
    • Bisa dilakukan otomatisasi proses sesuai dengan permintaan dari pembaca (on-demand printing).
Informasi dan data mengenai TeX atau LaTeX bisa diperoleh di portal indoTeX di http://www.tex.lipi.go.id.

0 Response to "Apakah TEX dan Latex itu?"

Posting Komentar