Mendapatkan Help MATLAB

Mendapatkan Help MATLAB memiliki sistem “help” yang ekstensif, memuat dokumentasi detil dan informasi “help” meliputi semua command dan fungsi di MATLAB. Sistem ini akan sangat membantu kita, baik yang pemula maupun ahli, untuk memahami fungsionalitas MATLAB yang belum pernah kita gunakan sebelumnya. Untuk mendapatkan help, terdapat 2 cara: melalui command window, dan melalui help browser.

1. Dari Command Window
Dari command window, kita bisa gunakan: help, helpwin, dan doc. Misalkan kita ingin mengetahui deskripsi dari command plot.

>> help plot
PLOT Linear plot.
PLOT(X,Y) plots vector Y versus vector X. If X or Y is
a matrix, then the vector is plotted versus the rows
or columns of the matrix, whichever line up. If X is
a scalar and Y is a vector, length(Y) disconnected
points are plotted.
....
....
See also SEMILOGX, SEMILOGY, LOGLOG, PLOTYY, GRID,
CLF, CLC, TITLE, XLABEL, YLABEL, AXIS, AXES, HOLD,
COLORDEF, LEGEND, SUBPLOT, STEM.

Output dari help juga merujuk ke command lain yang berhubungan. Dalam contoh ini: semilogx, semilogy, loglog, dan seterusnya. Untuk melihat deskripsinya bisa kita ketikkan help semilogx, help loglog, dan sebagainya.
Dari command window Anda juga bisa menggunakan helpwin.
>> helpwin plot
Akan muncul window yang berisi deskripsi tentang fungsi atau command yang dimaksud. Terlihat bahwa help ataupun helpwin menampilkan informasi yang sama, namun demikian terdapat kelebihan helpwin:

  • Teks ditampilkan di window yang terpisah dengan command window
  • Kita bisa langsung mengklik fungsi di “See also” untuk referensi, jadi tidak usah mengetik lagi lewat command window.
  • Terdapat link Default Topics yang berisi daftar semua kategori fungsi MATLAB, sehingga kita bisa mengetahui semua fungsi yang terdapat dalam suatu kategori. 
Misalkan kita ingin mengetahui fungsi apa saja untuk plot grafik 2-dimensi, maka pilihlah link matlab\graph2d. Cara yang lain untuk mendapatkan dokumentasi yang lengkap ialah menggunakan doc.
>> doc plot
Keluaran command doc inilah yang paling lengkap, bahkan menyediakan contoh lengkap yang bisa dipelajari dan dieksekusi. Sekarang cobalah Anda lihat help untuk command lainnya: plot3, polyfit, dan trapz.

2. Dari Help Browser
Sumber help lainnya ialah help browser. Anda bisa mengetikkan helpbrowser di command window, atau dari menu Help ->MATLAB Help.



Help browser memiliki dua bagian utama: Help Navigator, dan layar tampilan di sisi kanan. Cara penggunaan help browser mirip dengan Windows Explorer; apa yang kita pilih di daftar navigator
akan ditampilkan di layar sisi kanan. Help Navigator ini memiliki sejumlah komponen:
  • Product filter : mengaktifkan filter untuk memperlihatkan dokumentasi hanya pada produk yang Anda inginkan

  • Tab Contents : melihat judul dan daftar isi dokumentasi

  • Tab Index : mencari entri indeks tertentu (dengan kata kunci) di dalam dokumentasi

  • Tab Demos : melihat dan menjalankan demo

  • Tab Search : untuk mencari dokumentasi yang mengandung kata / potongan kata tertentu. Untuk mendapatkan help dari suatu fungsi tertentu, pilihlah Search type: Function Name
  • Tab Favorites : melihat daftar link ke dokumen yang telah ditandai sebagai favorit.
Di antara tab tersebut, yang paling sering digunakan ialah Contents dan Search. Sebagai latihan, cobalah mencari dokumen mengenai “sound” dengan help browser. Pilih tab Search, Search type: Full Text, Search for: sound.
Penggunaan kaca kunci untuk pencarian mirip dengan mesin pencari di internet (google, yahoo, altavista, dll). Misalkan Anda ingin mencari “filter digital”, maka ketikkan dalam Search for: filter AND digital.

0 Response to "Mendapatkan Help MATLAB"

Posting Komentar