Belajar CorelDraw X3 Lewat Versi Portablenya



Apakah anda pernah mendengar tentang aplikasi portable? Aplikasi portable merupakan program komputer yang dapat dijalankan pada perangkat portable seperti USB flash disk, portable hard drive, iPod dan perangkat portable lainnya. Jadinya aplikasi – aplikasi yang kita perlukan dapat kita masukkan dalam device portable tersebut. Keuntungannya jika kita pindah komputer maka kita tidak usah bersusah payah melakukan intalasi program, melainkan tinggal membuka aplikasi tersebut dari portable device (misal usb flash disk) dan tinggal menjalankan saja.

Banyak sekali aplikasi yang sudah ada versi portablenya, seperti Adobe Photoshop, Flash, Visual Basic 6 dan tak terkecuali CorelDraw X3. Dengan adanya versi portable ini akan sangat memudahkan anda dalam belajar CorelDraw X3, tak perlu instalasi, tak perlu ribet, dan langsung bisa dopakai.
Dengan besar file hanya 33.5 MB, aplikasi hanya menyediakan CorelDraw X3 saja. Tak seperti bila kita melakukan instalasi, maka akan otomatis terinstal juga Corel Capture, Corel Photo Paint, dll.

Kekurangan dari versi portable CorelDraw X3 adalah terjadinya error ketika dilakukan penyimpanan file (save) secara langsung ke falsdisk. Maka dari itu jangan sekali - kali save hasil pekerjaan anda di flashdisk apabila memakai CorelDraw X3 yang portable. Nah kalau untuk import misl ke jpg, png gif, dll tidak apa- apa. Kekurangan yang kedua adalah tidak bisa dipakai untuk melakukan trace. Sebenarnya untuk versi yang X4 portablenya juga sudah ada, namun saya tidak merekomendasikannya karena ada 1 kekurangan fatal pada versi ini yakni file yang sudah kita buat sama sekali tidak dapat disimpan (save).

Kalau ingin download aplikasi Portable CorelDraw X3, klik di sini.

1 Response to "Belajar CorelDraw X3 Lewat Versi Portablenya"

  1. Unknown 17 Januari 2010 pukul 01.02
    kebetulan anaa baru instal coreldraw, moga blog sobat bisa memberi pencerahan.

Posting Komentar