Berkenalan dengan Matlab

SEJARAH MATLAB 

MATLAB adalah sebuah program untuk menganalisis dan mengkomputasi numerik dan merupakan suatu bahasa pemrograman matematika lanjutan yang dibentuk dengan dasar pemikiran menggunkan sifat dan bentuk matriks. Awalnya, program ini merupakan interface untuk koleksi rutin-rutin numerik dari proyek LINPACK dan EISPACK dikembangkan menggunkan bahasa FORTRAN namun sekarang merupakan produk komersial dari perusahaan Mathworks, Inc. yang dalam perkembangan selanjutnya dikembangkan menggunakan bahasa C++ dan assembler (utamanya untuk fungsi-fungsi dasar MATLAB).

MATLAB telah berkembang menjadi sebuah environment pemrograman yang canggih yang berisi fungsi-fungsi built-in untuk melakukan tugas pengolahan sinyal, aljabar linier, dan kalkulasi matematis lainnya. MATLAB juga berisi toolbox yang berisi fungsi- fungsi tambahan untuk aplikasi khusus . MATLAB bersifat extensible, dalam arti bahwa seorang pengguna dapat menulis fungsi baru untuk ditambahkan pada library ketika fungsi-fungsi built-in yang tersedia tidak dapat melakukan tugas tertentu. Kemampuan pemrograman yang dibutuhkan tidak terlalu sulit bila Anda telah memiliki pengalaman dalam pemrograman bahasa lain seperti C, PASCAL, atau FORTRAN. MATLAB merupakan merk software yang dikembangkan oleh Mathworks.Inc. merupakan software yang paling efisien untuk perhitungan numeric berbasis matriks. Dengan demikian jika di dalam perhitungan kita dapat menformulasikan masalah ke dalam format matriks maka MATLAB merupakan software terbaik untuk penyelesaian numericnya. MATLAB (MATrix LABoratory) yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi berbasis pada matriks sering digunakan untuk teknik komputasi numerik,yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang melibatkan operasi matematika elemen, matrik, optimasi, aproksimasi dll. Sehingga Matlab banyak digunakan pada :

  1. Matematika dan Komputansi
  2. Pengembangan dan Algoritma
  3. Pemrograman modeling, simulasi, dan pembuatan prototipe
  4. Analisa Data , eksplorasi dan visualisasiAnalisis numerik dan statistik
  5.  Pengembangan aplikasi teknik
     
Beberapa Hal yang Berkaitan dengan Matlab

Berikut ini adalah hal - hal yang berkaitan dengan matlab.
-     Matlab adalah sebuah sistem yang interaktif untuk mengerjakan perhitungan numerik.
-     Seorang analis numerik yang bernama Cleve Moler membuat versi pertama Matlab pada 1970-an. Sejak saat itu matlab berkembang menjadi sebuah paket perangkat lunak komersial yang sukses.
-     Matlab meringankan tugas Anda yang terkait dengan masalah penyelesaian secara numerik. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk berpikir, dan mendorong Anda untuk bereksperimen.
-     Matlab ini menggunakan algoritma yang sangat terpercaya dan karena itu Anda dapat mempercayai hasil perhitungan anda dengan software ini.
-     Hanya cukup dengan satu atau dua perintah, anda dapat membuat operasi yang rumit.
-     Tersedia fasilitas grafik yang sangat baik, dan grafik yang dihasilkan dapat disisipkan ke dalam LATEX dan dokumen Word.
-      Dengan matlab, anda juga bisa membangun aplikasi sendiri.

1 Response to "Berkenalan dengan Matlab"

  1. Anonim 11 Maret 2014 pukul 13.47
    maaf, kalo boleh tau ini sumbernya dari buku apa ya?

Posting Komentar