John Napier





Pernahkah anda mendengar bilangan logaritma dengan basisnya bilangan e^x? Bilangan ini kita biasa sebut sebagai ln (logaritma Napier). Berikut ini adalah sedikit deskripsi tentang sipakanh Napier itu.


John Napier lahir di Edinburgh, Skotlandia, termasuk bangsawan Skotlandia. Karena ayahnya adalah Sir Archibald Napier dari Merchiston Castle, dan ibunya, Janet Bothwell, adalah putri seorang anggota Parlemen, John Napier menjadi tuan tanah (pemilik properti) dari Merchiston. Ayah Napier masih berusia 16 tahun ketika putranya, John, lahir. Seperti halnya bagi para anggota bangsawan yang lain, Napier tidak masuk sekolah sampai dia berusia 13 tahun. Dia tidak masuk sekolah sangat lama, namun. Hal ini diyakini bahwa ia terkena DO dan bepergian ke Eropa untuk melanjutkan studinya. Sedikit yang diketahui tentang tahun ini, di mana atau ketika ia mungkin telah belajar.


Pada tahun 1571, Napier memasuki usia 21 tahun dan kembali ke Skotlandia. Tahun berikutnya ia menikah dengan Elizabeth Stirling, putri dari matematikawan Skotlandia James Stirling (1692-1770), dan menempati sebuah kastil di Gartnes pada tahun 1574. Pasangan ini memiliki dua anak sebelum Elizabeth meninggal pada 1579. Napier kemudian menikah Agnes Chisholm, dengannya ia punya sepuluh anak. Pada kematian ayahnya pada 1608, Napier dan keluarganya pindah ke Merchiston Benteng, di mana ia menjalani sisa hidupnya.


Ayah Napier telah sangat tertarik dan terlibat dalam urusan agama, dan Napier sendiri tidak berbeda. Karena Warisan kekayaan, ia tidak membutuhkan posisi profesional. Ia membuat dirinya sangat sibuk dengan terlibat dengan kontroversi-kontroversi politik dan agama pada masanya. Untuk sebagian besar, agama dan politik di Skotlandia saat ini mengadu Katolik terhadap Protestan. Napier anti-Katolik, sebagaimana dibuktikan oleh buku 1593 terhadap Katolik dan kepausan (kantor dari paus) yang berjudul A Plaine Discovery of the Whole Wahyu St Yohanes. Serangan ini begitu populer itu diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan melihat banyak edisi. Napier selalu merasa bahwa jika ia mencapai ketenaran ada sama sekali dalam hidupnya, akan karena buku itu.
Penemu



Sebagai orang energi tinggi dan rasa ingin tahu, Napier menaruh banyak perhatian pada pemilikan tanah dan mencoba untuk meningkatkan kerja kekayaannya. Sekitar daerah Edinburgh, ia menjadi dikenal luas sebagai "Marvellous Merchiston" untuk banyak mekanisme cerdik ia dibangun untuk meningkatkan tanaman dan ternak. Dia bereksperimen dengan pupuk untuk memperkaya tanahnya, menemukan sebuah alat untuk mengeluarkan air dari tambang batu bara kebanjiran, dan perangkat kelelawar lebih baik survey dan pengukuran tanah. Ia juga menulis tentang rencana untuk perangkat rumit buruk yang akan menangkal setiap invasi Spanyol Kepulauan Inggris. Selain itu, ia menggambarkan perangkat militer yang mirip dengan hari ini kapal selam, senapan mesin, dan tentara tangki. Dia tidak pernah berusaha untuk membangun salah satu instrumen militer, namun.


Napier memiliki minat besar pada astronomi. yang menyebabkan kontribusinya untuk matematika. Yohanes bukan hanya penonton bintang, ia telah terlibat dalam penelitian yang membutuhkan panjang dan memakan waktu perhitungan angka yang sangat besar. Setelah menemukan ide bahwa mungkin ada yang lebih baik dan cara sederhana untuk melakukan perhitungan jumlah besar, Napier berfokus pada isu ini dan menghabiskan dua puluh tahun menyempurnakan idenya. Hasil pekerjaan ini adalah apa yang sekarang kita sebut logaritma.
Napier menyadari bahwa semua bilangan yang dapat dinyatakan dalam apa yang sekarang disebut bentuk eksponensial, yang berarti 8 dapat ditulis sebagai 2^3, 16 sebagai 2^4 dan sebagainya. Apa yang membuat logaritma sangat berguna adalah fakta bahwa operasi perkalian dan pembagian yang dikurangi untuk penambahan dan pengurangan sederhana. Ketika jumlah sangat besar dinyatakan sebagai logaritma, perkalian menjadi penambahan eksponen.


Contoh: 10^2 kali 10^5 dapat dihitung sebagai 10^(2 +5) atau 10^7. Ini lebih mudah daripada 100 kali 100.000.


Penemuan Napier ini pertama kali dikenal pada 1614 dalam buku berjudul "A Deskripsi Wonderful Logaritma Kanon." Dijelaskan secara singkat penulis dan menjelaskan penemuannya, tetapi yang lebih penting, dia termasuk set pertama tabel logaritma. Meja-meja ini jenius dan besar hit dengan astronom dan ilmuwan. Dikatakan bahwa matematikawan inggris Henry Briggs sangat dipengaruhi oleh tabel bahwa ia melakukan perjalanan ke Skotlandia hanya untuk bertemu dengan penemu. Hal ini mengakibatkan peningkatan koperasi termasuk pengembangan Base 10.
Napier juga bertanggung jawab untuk memajukan pengertian tentang pecahan desimal dengan memperkenalkan penggunaan titik desimal. Usulnya bahwa titik sederhana dapat digunakan untuk memisahkan bilangan bulat dan pecahan bagian dari sejumlah segera menjadi praktek yang diterima di seluruh Britania Raya.



0 Response to "John Napier"

Posting Komentar